Sheffield, Tim Sepak Bola Tertua, Plus Empat Tim Juniornya

Tim seperti Sheffield, Cray Wanderers, Hallam, Worksop Town, dan Notts County. Menjadi saksi berdirinya kompetisi olahraga bola di dunia. Bahkan beberapa diantaranya berdiri sebelum adanya aturan berkompetisi.

  • Sheffield FC

Sebelum lahirnya aturan terkait kompetisi bola di dataran Inggris, klub ini suah berdiri enam tahun, tepatnya 1857. Klub ini ditetapkan jadi klub tertua versi berbagai asosiasi bola seperti FIFA dan FA.  Sayangnya saat ini skuat ini hanya mampu bermain di kasta kedelapan kompetisi bola Inggris.

  • Cray Wanderers FC

Berkutat di divisi ketujuh sepak bola Inggris, tak mampu mengubah sejarah bahwa tim yang berdiri tahun 1860 ini merupakan salah satu yang tertua di dunia. Terletak di Selatan Inggris, tim ini pernah menjuarai Kent League Championship tahun 1902.

  • Hallam FC

Klub yang terletak di Kota Sheffield ini mencatatkan diri sebagai salah satu klub tertua, bahkan markas mereka ditetapkan museum rekor dunia sebagai stadion olah raga paling tua di dunia. Skuat ini juga mencatatkan diri sebagai pemenang laga profesional bola pertama di dunia tahun 1867, saat mengalahkan Sheffield FC.

  • Worksop Town FC

Klub ini berdiri tahun 1861, dan masih merupakan klub semi profesional di Inggris dari dulu hingga sekarang, serta menjadi penghuni divisi 7 kompetisi bola negara  Ratu Elizabeth tersebut. prestasi paling tinggi tim ini adalah masuk babak 64 besar piala FA, empat kali berturut-turut.

  • Notts County FC

Lahir setahun setelah Worksop Town, klub ini jadi salah satu pendiri liga bola Inggris, dengan tahun 1894 sebagai tahun terbaiknya karena mampu menjuarai piala FA. Kondisi tim ini lebih baik ketimbang empat tim lainnya, karena berkompetisi di liga divisi tiga Inggris saat ini.

Pasti banyak hal menarik yang dimiliki klub-klub sepak bola tertua di dunia ini, meskipun pada zaman modern mereka hanya bisa gigit jari melihat banyaknya klub sepak bola yang sangat bernas dan mampu menjuarai banyak kompetisi. Akankah salah satu dari klub tertua ini mampu jadi yang terbaik suatu saat nanti?